
Buku Model Mental Siswa: Teori, Pemetaan, dan Strategi Praktis di Kelas merupakan panduan komprehensif yang mengulas secara mendalam konsep model mental dalam konteks pembelajaran, Bagian awal buku ini menyajikan landasan teoritis mengenai model mental, termasuk definisi, karakteristik, serta relevansinya dalam memahami proses berpikir dan belajar siswa, Kerangka teoritis ini dirancang untuk memberikan pemahaman awal yang solid bagi pendidik, peneliti, maupun praktisi pendidikan tentang bagaimana siswa membentuk representasi internal terhadap konsep-konsep yang mereka pelajari.
Selanjutnya, buku ini memfokuskan pembahasan pada pemetaan tahapan perkembangan model mental siswa dan bagaimana indikator-indikator spesifik dapat digunakan untuk mengidentifikasi level pemahaman siswa dalam berbagai konteks pembelajaran. Penulis menyajikan klasifikasi level model mental disertai panduan praktis penerapannya di kelas, yang memungkinkan guru untuk menyesuaikan strategi pengajaran berdasarkan level kognitif siswa. Dengan pendekatan ini, guru dapat lebih tepat dalam mendeteksi miskonsepsi serta merancang intervensi yang sesuai untuk meningkatkan kualitas belajar.
Bagian akhir buku ini menampilkan strategi-strategi intervensi yang dapat diterapkan untuk memperkuat perkembangan model mental siswa. Buku ini menawarkan langkah-langkah konkret dan studi kasus di kelas yang memperlihatkan efektivitas pendekatan yang disarankan. Sinergi antara teori dan praktik menjadikan buku ini sebagai referensi penting dalam pengembangan model pembelajaran berbasis pemahaman konseptual yang mendalam, serta mendorong transformasi pedagogi yang adaptif terhadap kebutuhan kognitif siswa.
|
Penulis |
: |
Dr. Anita Dewi Utami, M.Pd., dkk. |
|
ISBN |
: |
|
|
Terbit |
: |
Juli 2025 |
|
Ukuran |
: |
15.5 x 23 |
|
Tebal |
: |
98 Halaman |
|
Kertas |
: |
HVS |