Buku Psikologi Pendidikan ini disusun sebagai panduan C komprehensif bagi mahasiswa calen guru, pendidik, dan praktisi pendidikan dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip psikologi dalam proses belajar-mengajar. Dengan cakupan materi yang luas, buku ini membahas berbagai aspek penting seperti perkembangan peserta didik, motivasi belajar, strategi pengajaran, pengelolaan kelas, serta pendekatan terhadap kesulitan belajar. Pemahaman terhadap aspek psikologis peserta didik merupakan fondasi utama dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, adaptif, dan bermakna.
Disusun berdasarkan referensi otoritatif dari tokoh-tokoh terkemuka seperti Santrock, Woolfolk, Slavin, Ormrod, dan Schunk, buku ini menggabungkan teori dan praktik dengan pendekatan kontekstual yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan di Indonesia. Setiap bab disajikan secara sistematis, dimulai dari pengantar konsep, penjabaran teori, hingga aplikasi nyata di kelas. Buku ini juga dilengkapi dengan tujuan pembelajaran, rangkuman, soal evaluasi, dan studi kasus, yang mendukung pembaca untuk memahami serta menerapkan materi secara utuh
Buku ini cocok digunakan sebagai bahan ajar dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan dan relevan pula bagi guru, kepala sekolah, maupun tenaga kependidikan yang ingin meningkatkan pemahaman terhadap perilaku belajar siswa. Dengan bahasa yang lugas dan struktur yang terarah, buku ini menjadi jembatan antara ilmu psikologi dan dunia praktik pendidikan. Harapannya, buku ini mampu mendorong terbentuknya pendidik yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga sensitif terhadap kebutuhan psikologis peserta didik dalam setiap tahap perkembangannya.